cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
STRATEGIC
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2008): Strategic" : 6 Documents clear
PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA DIVISI PHARMASERVE DI PT COMBIPHAR JAKARTA Surachim, Ahim
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2008): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v8i1.1005

Abstract

Seiring dengan era globalisasi, perubahan dan kemajuan di berbagai bidang pada masa sekarang ini memberikan dampak pada setiap organisasi pada perusahaan untuk siap dan mampu berkompetisi dengan organisasi lainnya untuk tetap hidup dan berkembang mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya terutama untuk mempertahankan iklim organisasi yang kondusif.Kemampuan berkompetisi dengan organisasi lainnya tidak hanya ditentukan oleh pimpinan sebagai pengambil keputusan, tetapi karyawan sebagai anggota. Karena karyawan adalah pelaksana proses organisasi yang mana merupakan aspek penting perusahaan, maka organisasi harus berusaha agar karyawan bekerja secara efektif dan efisien dengan memenuhi kepuasan kerja karyawannya. Dengan terpenuhinya kepuasan kerja maka pekerjaan akan terlaksana dengan baik, yang mana menguntungkan bagi kineja organisasi di dalam perusahaan.PT. Combiphar Jakarta merupakan salah satu perusahaan farmasi yang bergerak pada sektor obat batuk, yang selalu berusaha meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Salah satunya dengan memelihara iklim organisasi yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana tanggapan karyawan mengenai iklim organisasi, 2. Seberapa tinggi kepuasan kerja kerja karyawan, dan 3. Seberapa besar pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian yang dilakukan pada karyawan divisi Pharmaserve di PT Combiphar Jakarta ini bersifat deskriptif perivikatif yang dilakukan melalui pengumpulan data dilapangan dalam anggota populasi 174 orang yang direpresentasikan oleh 41 responden, dengan metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif survey dan metode explanatory survey. Untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian terhadap pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa iklim organisasi mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja karyawan. Koefisien korelasi iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 0,794.  Ini menunjukkan pengaruh yang cukup kuat. Secara keseluruhan nilai t hitung yang diperoleh melalui regresi linear sederhana lebih besar dibandingkan dengan t tabel, yaitu sebesar 8,152 1,685. artinya semakin tinggi tingkat pengaruh iklim organisasi, semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja karyawan pada divisi Pharmaserve di PT Combiphar Jakarta.  Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh iklim organisasi mendapatkan nilai prosentase sebesar 90,03%, dan skor prosentase kepuasan kerja karyawan sebesar 86,7%. Sedangkan pengaruh persepsi karyawan atas pengawasan pimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 63% dan sisanya sebesar 37% adalah dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya : penempatan kerja, jenis pekerjaan, struktur organisasi perusahaan dan mutu pengawasan. Berdasarkan hasil penelitian, hal-hal yang perlu mendapat perhatian PT Combiphar adalah perusahan harus selalu meningkatkan tingkat kepuasan kerja karyawan, sehingga karyawan akan merasa senang dan setia bekerja pada perusahaan.  
PENGARUH PEMASARAN EKSPERIENSIAL TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA PENGUNJUNG RESORT&SPA KAMPUNG SAMPIREUN GARUT Hurriyati, Ratih; Widiastuti, Irna
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2008): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v8i1.995

Abstract

Peran sektor bisnis dibidang hospitallity industry yang mencakup bisnis travel, tourism dan hotel memberikan peluang pasar yang cukup luas sehingga mendorong berdirinya berbagai usaha sarana pariwisata seperti hotel (resort). Munculnya resort-resort di Kota Garut dengan berbagai fasilitas dan penawaran produk/jasa yang menarik menimbulkan persaingan yang cukup ketat karena mendorong konsumen untuk berpindah, sehingga tidak ada keterikatan yang menentukan tingkat kesetiaan/loyalitas. Berbagai strategi diterapkan untuk mempertahankan pelanggan (retensi) agar tetap loyal dan retensi pelanggan lebih meningkat. Salah satu strategi atau upaya mempertahankan pelanggan apabila terciptanya pengalaman yang unik dan berkesan di setiap interaksi dengan pelanggan sebagai pembeda merek perusahaan yaitu melalui pendekatan emotional dengan menerapkan pemasaran eksperiensial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemasaran eksperiensial yang terdiri dari dimensi sense, feel, think, act, dan relate pada pengunjung ResortSpa Kampung Sampireun Garut; mendeskripsikan pelaksanaan retensi pelanggan yang terdiri dari dimensi trust, satisfaction, dan commitment pada pengunjung ResortSpa Kampung Sampireun Garut; serta menjelaskan seberapa besar pengaruh pemasaran eksperiensial yang terdiri dari sense, feel, think, act, dan relate terhadap retensi pelanggan pada pengunjung ResortSpa Kampung Sampireun Garut.Berdasarkan variabel yang diteliti maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Metode yang digunakan explanatory survey. Jangka waktu penelitian bersifat cross sectional method. Populasi penelitian ini ialah pengunjung atau tamu resort spa Kampung Sampireun Garut, yang rata-rata mencapai 3.538 orang per tahun. Berdasarkan teknik penarikan sampel secara systematic random sampling dan dengan menggunakan rumus Harun Al Rasyid diperoleh sampel sebesar 58 sampel, namun untuk meningkatkan keakuratan maka jumlah sampel yang diteliti ditambah sehingga berjumlah 60 sampel. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisi jalur (path analysis) dengan alat bantu software komputer SPSS 15.0. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan staf resort, observasi langsung ke resort spa Kampung Sampireun, penyebaran angket penelitian, dan studi literatur.Hasil penelitian menunjukkan pemasaran eksperiensial resortspa Kampung Sampireun berkategori sudah baik dengan indikator yang paling dominan berupa sense, sedangkan indikator yang paling rendah adalah relate. Retensi pelanggan pada resortspa Kampung Sampireun hampir seluruhnya sudah baik dengan indikator yang paling dominan adalah trust, sedangkan indikator yang paling rendah adalah satisfaction. Pemasaran eksperiensial berpengaruh secara positif terhadap retensi pelanggan. Sehingga produk dan jasa yang berkualitas, inovatif dan memberikan kenyamanan juga kepuasan yang baik pada pengunjung akan memberikan pengaruh yang positif terhadap retensi pelanggan. 
PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI OBJEK WISATA (Survei Pada Wisatawan Nusantara Pasca Tsunami) Widjajanta, Bambang
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2008): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v8i1.1006

Abstract

Objek wisata pada masa kini sudah menjadi salah satu sumber pemasukan devisa yang cukup besar bagi Negara. Pantai Pangandaran adalah salahsatu objek wisata yang dimiliki oleh Jawa Barat, khususnya pemerintah Kabupaten Ciamis, dari sisi potensi Pantai Pangandaran sangat eksotik dijadikan objek wisata berskala dunia, dan mampu menyedot wisatawan baik mancanegara ataupun nusantara. Namun sayang, penataan Pantai Pangandaran masih jauh dari memuaskan, karena kebersihan Pantai Pangandaran yang kurang terjaga akibat dari pedagang kali lima yang berjejer di pinggir pantai ditambah lagi Pantai Pangandaran terkena bencana alam tsunami sehingga secara psikologis calon wisatawan yang akan memilih Pantai Pangandaran sebagai tempat kunjungan wisatanya merasa ketakutan. Hal ini membuat arus pengunjung ke Pantai Pangandaran mengalami penurunan drastis. Karena itu Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Ciamis mengambil langkah promosi melalui kegiatan marketing public relations yang terdiri dari kegiatan publikasi, kegiatan event, dan kegiatan news. Hal ini dilakukan untuk menarik kembali pengunjung. Metode yang digunakan adalah metode explanatory survey dimana metode ini menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel penelitian yaitu tentang pengaruh marketing public relations dan keputusan mengunjungi objek wisata sebagai variabel tidak bebas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah systematic random sampling Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis jalur.Berdasarkan pengujian statistik diperoleh hasil bahwa marketing public relations mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan mengunjungi objek wisata Pantai Pangandaran sebesar 88.4% yang termasuk kedalam kategori sangat kuat/sangat tinggi.  
PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SAMPO SUNSILK (Survei pada Mahasiswi FPIPS UPI Bandung Angkatan 2004-2006) Mulyadi, Hari
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2008): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v8i1.997

Abstract

Persaingan bisnis di lini produk sampo kian hari kian kompetitif sehingga menuntut tiap perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya. Usaha yang dilakukan oleh Sunsilk untuk mempertahankan pelanggannya tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk seperti kegunaan produk, melainkan sudah dikaitkan dengan keberadaan merek yang mampu menciptakan citra khusus dalam benak pemakainya. Penciptaan brand personality dalam benak pelanggan akan menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand personality, loyalitas pelanggan, serta pengaruh brand personality terhadap loyalitas pelanggan sampo sunsilk. Berdasarkan variabel yang diteliti maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Metode pengembangan penelitian bersifat cross sectional method. Populasi penelitian ini berjumlah 540 orang yang merupakan mahasiswi FPIPS UPI angkatan 2004-2006 pengguna sampo sunsilk. Berdasarkan teknik penarikan sampel secara simple random sampling dan dengan menggunakan rumus Harun Al Rasyid diperoleh sampel sebesar 48 sampel, namun untuk meningkatkan keakuratan maka jumlah sampel yang diteliti ditambah sehingga berjumlah 80 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, penyebaran kuesioner dan studi literatur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan path analysis dengan bantuan software komputer SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan brand personality sampo sunsilk secara umum berkategori cukup baik dengan dimensi brand personality yang paling tinggi skornya ialah competence. Loyalitas pelanggan sampo sunsilk secara umum sudah berkategori cukup baik dengan dimensi loyalitas pelanggan yang memiliki skor paling tinggi adalah frekuensi pembelian (pembelian berulang). Brand personality memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan dimana dimensi competence memiliki kontribusi yang paling tinggi.
PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA RADIO TERHADAP TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OBAT FLU MEREK MIXAGRIP (Survei Pada Masyarakat Pendengar Radio Kelurahan Keraton, Pandeglang, Banten) Tarmedi, Eded
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2008): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v8i1.1001

Abstract

Ketatnya persaingan pada industri obat flu di Indonesia telah berlangsung lama, sehingga pangsa pasar dari kategori obat flu tidak terlalu luas.  Sehingga setiap produsen obat flu, perlu menggunakan strategi pemasaran yang menarik bagi konsumen, sehingga mampu mempengaruhi keputusan pembelian produk pada konsumen. Produk obat flu merek Mixagrip menggunakan media iklan radio untuk memotivasi konsumen sehingga memutuskan untuk membeli produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh efektivitas iklan melalui media  radio (x) terhadap tingkat keputusan pembelian (y) produk obat flu merek Mixagrip. Responden berjumlah 77 orang. Jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode deskriptif survey dan explanatory survey menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian, efektivitas iklan melalui media radio (79%) termasuk kategori sangat tinggi dan tingkat keputusan pembelian (79,4%) termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan thitung 7.757,).  dan ttabel 1,995 (thitung ttabel), berarti ada pengaruh positif dari efektivitas iklan melalui media radio terhadap tingkat keputusan pembelian. Koefisien determinasi (r²) sebesar 0,445 menunjukkan tingkat pengaruh efektivitas iklan melalui media radio terhadap keputusan pembelian termasuk pada kategori sedang, artinya keputusan pembelian dipengaruhi efektivitas iklan melalui media radio sebesar 44,5%, sisanya 55,5% dipengaruhi faktor lain
STUDI KASUS PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PO. GAGAK RIMANG PERIODE TAHUN 2000-2007 Lutan, Mayasari
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2008): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v8i1.1003

Abstract

PO. Gagak Rimang merupakan perusahaan jasa transportasi atobus yang melayani rute Bandung- Jakarta dan Bandung- Bogor. Ketatnya persaingan di bisnis transportasi menyebabkan PO. Gagak Rimang mengalami tingkat profitabilitas dengan trend yang menurun. Sedangkan di sisi lain, PO. Gagak Rimang harus membiayai aktivitas atau kegiatan bisnisnya (beban operasional). Adanya defisit pembiayaan menyebabkan PO. Gagak Rimang meminjam dana dari pihak bank dengan beban bunga setiap periodenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  struktur modal, profitabilitas perusahaan, serta pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas perusahaan PO. Gagak Rimang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode studi kasus dan explanatory survey. Jangka waktu penelitian berbentuk time series design. Objek penelitian berupa laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca PO. Gagak Rimang pada periode tahun 1980 sampai dengan periode tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak perusahaan, pengumpulan dokumen, serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan kondisi struktur modal di PO. Gagak Rimang periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2003 tergolong baik, dimana jumlah hutang jangka panjang selalu lebih rendah dibandingkan dengan modal sendiri. Sedangkan pada periode tahun 2005 sampai dengan tahun 2007 menunjukkan kecenderungan yang lebih seimbang antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri. Tingkat profitabilitas perusahaan dari tahun ke tahun mengalami kecenderungan penurunan. Struktur modal berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan di PO. Gagak Rimang dengan korelasi berkategori sangat kuat dan menghasilkan hubungan tidak searah atau berbanding terbalik antara struktur modal dengan profitabilitas perusahaan, artinya setiap kenaikan jumlah struktur modal akan diikuti oleh penurunan profitabilitas perusahaan, begitupun sebaliknya, setiap kenaikan profitabilitas perusahaan akan diikuti oleh penurunan struktur modal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6